Sunday, November 8, 2015

Pengertian, Contoh Dan Cara Membuat Kliping Yang Baik dan Benar

Pengertian, Contoh Dan Cara Membuat Kliping Yang Baik dan Benar – Kliping adalah suatu kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti : majalah, Buku, Koran, tabloid atau sumber  lain, yang kemudian disusun dalam sistem tertentu pada suatu bidang. Singkatnya, kliping merupakan suatu sumber informasi yang terbuat dari kumpulan hasil pemotongan atau hasil guntingan-guntingan bagian dari sumber lain yang disusun sedemikian rupa berdasarkan seni yang membuatnya. 

Kliping biasanya memiliki tema tertentu, sehingga kumpulan pemotongan atau bagian yang di gunting dari media lain tersebut saling terkait dan berhubungan. Jadi, satu kliping biasanya mewakili satu tema. Meski kliping merupakan salah satu sumber informasi, namun penggunaannya belum semaksimal sumber-sumber lain seperti buku. Karena sifatnya yang terpusat (hanya membahas satu tema) maka kliping sangat membantu dalam pencarian informasi tertentu, karna dari kliping bisa didapat sumber informasi dan pengetahuan yang tidak kalah pentingnya bahkan bisa didapatkan berita terbaru atau berita lama yang mungkin bisa sangat membantu. Dalam sebuah kliping, semua hal yang berkaitan dengan tema yang ingin dibuat, semua informasinya dikumpulkan, mulai dari sejarah hingga ditahun modern.

Cara Membuat Kliping Yang Baik dan Benar

Untuk membuat suatu kliping yang baik yang kelak bisa menjadi sumber inspirasi terpercaya buat yang membacanya, maka perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

1. Tentukan tema kliping yang akan dibuat


2. Carilah seluruh informasi (gambar dan artikel) yang berhubungan dengan tema mulai dari tahun-tahun sebelumnya hingga yang terbaru. Lalu guntinglah atau potonglah informasi tersebut (tanggal terbitan informasinya harus jelas)


3. Setelah semua informasi terkumpul dan dirasa cukup, mulailah menempelnya pada suatu media seperti buku (buku kosong tentunnya). Tips dalam menyusun : usahakan menyusun informasi-informasi tersebut secara sistematis sesuai dengan tanggal dan tahun terbitnya informasi, jangan lupa pula cantumkan sumber (suber potongan informasi yang telah digunting tersebut). Yang kedua, usahakan beri sentuhan warna, bila kebetulan informasi yang didapat tidak berwarna, maka teman-teman bisa memberikan sapuan warna yang cerah agar terlihat hidup dan menarik.


4. Hiasi kliping anda dengan beberapa tempelan yang menarik seperti bunga, pita, atau apaa saja, agar orang lain tertarik melihat, tambahkan juga tulisan-tulisan yang menarik seperti komentar atau kritikan atau malah puisi teman-teman tentang artikel/gambar yang telah ditempel agar pembaca tidak bosan membaca kliping teman-teman.


5. Dan terahir jangan lupa identitas anda sebagai pembuat kliping.

Contoh Kliping

1. Contoh Kliping Tentang Kesehatan


 
2. Contoh Kliping tentang Makanan