Friday, May 4, 2012

Supermoon 2012 mengawali Gerhana Annular

Akhir pekan ini akan terjadi peristiwa Bulan Penuh (purnama) paling dekat dari bumi dibandingkan bulan penuh bulan penuh lainnya sepanjang tahun 2012. Peristiwa ini biasa disebut Supermoon akan terjadi pada hari Sabtu, 5 Mei, 2012. Bulan bisa tampil 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari Bulan penuh lainnya tahun 2012. Apakah kita akan merasakan perbedaannya? Tidak, jika kita tidak benar-benar memperhatikannya, atau tidak memiliki titik referensi untuk membandingkannya dengan Bulan penuh lainnya. Dan peristiwa ini pasti tidak akan memiliki efek buruk pada bumi, karena peristiwa ini terjadi setiap tahunl. Tapi mungkin cara yang bagus untuk merayakan Cinco de Mayo (5 Mei) adalah menghabiskan malam untuk mengamati Bulan!



Supermoon 2011
Setiap bulan, seiring Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit yang elips, jaraknya dari bumi bervariasi. Akhir pekan ini, Bulan mencapai apa yang dikenal sebagai perigee nya, yaitu titik terdekat dengan Bumi dalam orbitnya. Jarak Bulan akan menjadi sekitar 356.953 kilometer (221.802 mil) dari Bumi, pada hari Sabtu. Apogee - yaitu saat Bulan terletak paling jauh - bervariasi, tetapi sekitar 405.000 km (252.000 mil).


Perbedaan ukuran dan kecerahan bulan purnama tahun 2011. Supermoon terjadi 19 Maret tahun itu
Yang paling menarik adalah bahwa waktu saat perigee dan purnama sangat sangat dekat: Bulan purnama terjadi pada 03:34 UTC pada tanggal 6 Mei (11:34 p.m. EDT on May 5) sebelah timur dan perigee terjadi di 03:35 UTC (11:35 p.m. EDT).


David Morrison, dari NASA mengatakan "supermoon" bukanlah istilah astronomi dan ia menegaskan supermoon tidak memiliki efek pada Bumi, dan bahwa perubahan dalam ukuran hampir tidak terlihat oleh orang kebanyakan. Bulan hanya akan sedikit lebih besar dari Bulan purnama lainnya, dan nyaris sebesar ukuran bulan pada purnama terakhir.


Tapi berita baiknya adalah bahwa dua minggu setelah "supermoon" pada tanggal 5 Mei, Bulan akan berada pada titik apogee nya dan saat itu bulan berada di depan Matahari menciptakan gerhana annular yang menakjubkan pada tanggal 20 Mei. Sebuah gerhana terjadi ketika matahari dan bulan persis segaris dengan bumi, tetapi ukuran yang terlihat dari Bulan lebih kecil dari Matahari. Oleh karena itu matahari akan tampak sebagai cincin yang sangat terang, atau anulus, disekeliling Bulan.


Gerhana matahari cincin tanggal 3 oktober 2005


Gerhana matahari cincin tanggal 15 januari 2010
Berikut adalah video tentang Supermoon dari NASA:
 

G+

Komentar Anda

 
Indoking (Kumpulan Berbagai Macam Informasi) © Copyright 2015 - Designed by Muhammad Iqbal
Back to top
Selamat Datang di www.indoking.blogspot.co.id (Download Mp3, Software, Games, Film, ebook, Chord Gitar, Tips and Trick, Operator Sekolah, Android, dll). Terima Kasih Atas Kunjungannya, Jangan lupa Komentarnya, Dan Berkunjunglah Kembali Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru 2016.